Social Items

Loading...
Loading...
Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi dengan jumlah penduduk terpadat di antara provinsi lain di pulau Sumatera dan merupakan kota terbesar setelah kota Jakarta dan Surabaya. Bukan hanya kotanya yang besar, Sumatera Utara juga memiliki beberapa tempat wisata yang indah baik wisata alam maupun budaya.
Tempat wisata seperti Danau Toba, Istana Maimun, Masjid Raya Medan merupakan beberapa tempat wisata yang sudah terkenal dari kota Medan yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.
Namun, tahukah kamu masih banyak lagi tempat wisata di provinsi Sumatera Utara yang indah dan tak kalah menarik dari tempat wisata tersebut.
Sebelumnya saya sudah pernah membahas tempat wisata yang ada di Medan yang wajib kamu kunjungi.
Nah, kali ini saya akan membahas tentang beberapa tempat wisata secara keseluruhan di Provinsi Sumatera Utara.
Oke… Let’s check it out 😉
1. Paropo

Paropo
Paropo

Sudah pernah dengar dengan tempat wisata Paropo? Pastinya kamu sudah pada tahu kan? Tempat wisata yang bernama Paropo Tepian Danau Toba ini memang sedang hits dan booming di kalangan anak muda terutama di media sosial.
Paropo adalah sebuah desa kecil yang berada di Kecamatan Silalahi Sabungan, Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara.
Letaknya yang strategis di tepian Danau Toba menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk menikmati keindahan Danau Toba dari tepian untuk sekedar duduk santai dan semilir angin sepoi-sepoi serta udara yang sejuk membuat kamu betah dan ingin berlama-lama disini.
Keindahan Paropo ini sering disebut sebagai Ranu Kumbolonya Sumatera. Perairan Danau Toba yang bersih dan hijaunya perbukitan di sekitar membuat tempat ini memang mirip sekali dengan Ranu Kumbolo di Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.
Selain itu, panorama yang indah di Paropo ini juga sering dijadikan sebagai tempat favorit camping bagi anak muda. Biar suasana semakin seru para anak muda yang sering kesini juga sambil memancing dan bakar-bakar ikan.
2. Kawah Putih Dolok Tinggi Raja

Kawah Putih Dolok Tinggi Raja
Kawah Putih Dolok Tinggi Raja

Nah, jika pulau Jawa punya Kawah Putih Ciwidey, pulau Sumatera juga punya Kawah Putih Tinggi Raja yang tak kalah indah dan menarik. Kawah Putih Dolok Tinggi Raja adalah sebuah objek wisata alam yang berada di Desa Dolok Merawan, Kecamatan Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun.
Kawah ini di dominasi dengan warna putih seperti salju dan di tengah kawah terdapat air panas berwarna biru kehijauan yang mengeluarkan asap dari dalamnya. Sumber air panas yang mencapai suhu sekitar 90 derajat celcius ini berasal dari bukit-bukit kecil yang ada disekitar yang ada di daerah tersebut.
Aliran air panas yang mengalir diantara bebatuan kapur yang berundak-undak, menjadikan batuan tersebut menjadi putih bersih seperti salju. Sehingga sebagian orang menyebut kawah ini dengan Salju Panas Dolok Tinggi Raja. Namun sayangnya, tempat wisata ini belum tereksplorasi dengan baik.
Kawah putih ini berada di tengah kawasan hutan pohon yang tinggi membuat tempat wisata ini belum terlalu di kenal. Untuk sampai ke lokasi kawah putih ini kamu bisa memulai perjalanan dari Medan – Lubuk Pakam – Galang hingga tiba di Dolok Tinggi Raja dengan waktu tempuh sekitar 3-4 jam.
3. Pantai Lagundri dan Pantai Sorake

Pantai Lagundri dan Pantai Sorake
Pantai Lagundri dan Pantai Sorake

Sudah pernah dengar dengan Pantai Lagundri dan Pantai Sorake? Kedua pantai ini termasuk salah satu dari 10 lokasi surfing terbaik di dunia lho… Pantai Lagundri dan Pantai Sorake merupakan dua pantai yang berada dalam satu garis pantai. Jarak kedua pantai itu hanya dua kilometer saja.
Pantai Lagundri dan Pantai Sorake ini terletak di Desa Botohilitano, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan. Pantai Lagundri dan Pantai Sorake bukan hanya memiliki landscape panorama yang indah tetapi juga tersohor sebagai lokasi selancar (surfing) bertaraf internasional.
Ketenaran kedua pantai tersebut kini disandingkan dengan deburan ombak menantang di Hawaii. Mereka akan menjajal lipatan gelombang yang tingginya mampu mencapai 7 hingga 10 meter dengan lima tingkatan. Selain itu, panjang daya dorong ombak di kawasan ini nyatanya bisa mencapai 200 meter.
Akan lebih menarik dan menantang ombaknya saat tiba bulan purnama. Salah satu yang membuat ombak di Lagundri ini ideal bagi selancar adalah karena lokasinya berhadapan dengan Samudera Indonesia dan juga merupakan tempat bertemunya teluk sehingga ombak akan mengalir  besar.
4. Bukit Lawang

Bukit Lawang
Bukit Lawang

Bukit Lawang merupakan tempat wisata yang berada di Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Lokasi ini terletak sekitar 68 km sebelah barat laut Kota Binjai dan sekitar 80 km di sebelah barat laut Kota Medan.
Bukit lawang merupakan pintu gerbang ke dalam hutan Sumatera dengan pemandangan yang indah dan menakjubkan karena berada di kaki Gunung Leuser. Disana kita bisa melihat primata lucu bernama orang utan.
Orang Utan? Yap… Karena disana merupakan tempat rehabilitasi orang utan serta flora dan fauna menarik lainnya. Selain itu juga ada gajah, harimau, badak yang menghuni hutan Bukit Lawang ini.
Hal lain yang sering dilakukan jika berkunjung ke Bukit Lawang ini adalah wisata tubing. Wisata tubing adalah wisata air seperti arung jeram namun perahu yang dipakai adalah ban dan hanya bisa dinaiki satu orang untuk satu ban.
Lokasi ini memang sering dijadikan tempat wisata tubing karena dekat dengan arus Sungai Bahorok dengan arus sungai yang deras.
Wisata tubing ini cocok untuk kamu yang senang dengan permainan yang memacu adrenalin.
5. Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar
Danau Lau Kawar

Kamu sudah pernah mendengar tempat wisata Danau Lau Kawar? Jika belum, saya akan memberikan sekilas informasi tentang danau yang berada di kaki Gunung Sinabung ini.
Danau Lau Kawar ini berada di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara. Untuk menuju lokasi ini kamu bisa berangkat dari kota Medan dengan waktu tempuh selama 3 jam menuju kota Berastagi.
Selama perjalanan menuju danau ini, kamu akan disuguhi pemandangan indah alam Gunung Sinabung dan juga hamparan kebun sayur milik masyarakat sekitar yang berada di sekitar kaki gunung.
Jalan menuju ke danau ini juga cukup mulus karena sebagian besar sudah beraspal. Jalan tanah hanya akan dimulai kamu temui pada saat sudah mendekati danau namun jalan tersebut masih bisa dilewati oleh sepeda motor atau mobil.
Tiba di danau ini kamu akan merasakan udara yang sejuk dan segar karena danau ini terletak persis di kaki Gunung Sinabung. Air danau ini juga bersih dan tampak tenang dan di kelilingi oleh pepohonan hijau yang rimbun yang akan memanjakan mata serta membuat kita betah untuk berlama-lama disana.
6. Air Terjun Sigura-Gura

Air Terjun Sigura-Gura

Air Terjun Sigura-Gura merupakan salah satu tempat wisata unggulan bagi Provinsi Sumatera Utara khususnya masyarakat Kabupaten Toba Samosir. Air Terjun Sigura-Gura juga menjadi air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai sekitar 250 meter.
Ketinggian air terjun juga mengalahkan ketinggian Air Terjun Madakaripura (200 meter) dan Air Terjun Payakumbuh (150 meter). Air terjun ini juga menjadi salah satu aset penting bagi penduduk Sumatera Utara karena air terjun ini dijadikan sebagai salah satu Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dan sumber irigasi dengan dibangunnya Bendungan Sigura-Gura.
Air terjun ini terletak di Kabupaten Toba Samosir yang tak lain adalah dataran tinggi di pinggiran Danau Toba tepatnya 250 km dari pusat kota Medan. Kawasan Air Terjun Sigura-Gura ini sebenarnya bukan hanya sekedar air terjun atau bendungan saja.
Kawasan Air Terjun Sigura-Gura ini memiliki pemandangan alam yang indah dan menawan dan juga letaknya yang tak terlalu jauh dari Danau Toba membuat air terjun ini banyak di kunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.
7. Rahmat International Wildlife Museum and Gallery

Rahmat International Wildlife Museum
Rahmat International Wildlife Museum

Rahmat International Wildlife Museum and Gallery adalah sebuah museum dan galeri yang menyimpan beragam koleksi mengagumkan yang terdiri dari berbagai binatang liar yang diawetkan yang berasal dari tempat berburu di berbagai tempat di seluruh penjuru dunia. Rahmat International Wildlife Museum and Gallery ini juga merupakan satu-satunya di Asia yang memiliki koleksi ± 2000 spesies dari berbagai Negara mulai dari yang kecil hingga yang terbesar sesuai dengan habitatnya.
Museum dan galeri ini di resmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yaitu Bapak Prof. Dr. Juwono Sudarsono, MA pada tanggal 14 Mei 1999. Karena besarnya minat masyarakat terhadap museum dan galeri ini maka dilakukan perluasan bangunan yang lebih luas dengan fasilitas yang lebih lengkap dengan luas gedung ± 3000 m² dan diresmikan oleh Presiden RI Bapak Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono, MA pada tanggal 13 November 2007.
Tempat yang konon merupakan galeri satwa liar pertama di Asia Tenggara adalah milik seorang pengusaha dan pemburu profesional yang bernama Rahmat Shah. Rahmat adalah orang Indonesia pertama yang menerima penghargaan dan pengakuan internasional seperti The Big Five Grand Slam Awards dan World Hunting Awards.
Jika kamu tertarik untuk mengunjungi museum dan galeri ini, lokasi museum dan galeri ini berada di Jalan S. Parman No. 309, Medan Kota.
8. Aek Sijorni

Aek Sijorni
Aek Sijorni

Aek Sijorni merupakan tempat wisata air terjun yang berada di desa Aek Libung, Kecamatan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan. Tempat ini menawarkan panorama berupa air terjun bertingkat dengan dikelilingi oleh pohon kelapa yang rimbun yang menjadikan air terjun ini menjadi menarik.
Aek Sijorni ini memang memilki air yang jernih sesuai dengan namanya yaitu Aek yang berarti air dan Sijorni yang berarti jernih. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter yang landai dengan air yang jernih seperti kristal dengan arus yang sangat deras.
Udara di sekitar air terjun ini juga segar dan sejuk yang menjadikan pengunjung merasa nyaman. Air terjun ini cocok sekali untuk mandi-mandi dan berekreasi bersama keluarga.
9. Pantai Pandan

Pantai Pandan
Pantai Pandan

Pantai pandan adalah salah satu pantai yang paling populer di Sumatera Utara dan menjadi destinasi favorit bagi keluarga yang ingin menghabiskan waktu liburan di pantai. Pantai Pandan terletak di pesisir Sibolga, secara administratif termasuk dalam wilayah Desa Pandan, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah.
Pantai Pandan memiliki air biru yang jernih dan pepohonan rindang. Selain itu pantai ini juga memiliki pasir yang sangat halus sehingga sangat nyaman mengelilingi pantai ini dengan telanjang kaki. Mengelilingi pantai dengan menaiki sepeda juga menjadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan pengunjung jika ke pantai yang eksotis ini.
Ombak di pantai ini juga tidak terlalu besar dan air yang tenang sehingga kamu bisa berenang sejauh beberapa meter dari mulut pantai dengan aman. Selain itu, disekitar pantai ini juga banyak pedagang yang menjajakan dagangannya dengan berkeliling atau warung-warung yang ada di sekitar pantai.
Bagi kamu yang ingin menginap, disini juga sudah tersedia penginapan yang sudah tersedia penginapan berkelas internasional di sekitar Pantai Pandan.
10. Graha Santa Maria Annai Velangkani

Graha Santa Maria Annai Velangkani
Graha Santa Maria Annai Velangkani

Graha Santa Maria Annai Velangkani adalah salah satu tempat wisata rohani yang berada di Medan. Tampak luar bangunan ini memang seperti sebuah kuil atau vihara. Namun, sebenarnya Graha Santa Maria Annai Velangkani ini adalah sebuah gereja katolik keturunan Tamil India sehingga gereja ini dibangun menyerupai bentuk kuil Hindu.
Pada awalnya tempat itu hanya diperuntukkan bagi umat Katolik Tamil yang ada di Medan. Akan tetapi, dalam perkembangannya semua umat katolik dapat datang dan berziarah ke gereja ini tanpa batas asal usul ras.
Lokasi Graha Santa Maria Annai Velangkani ini berada di Taman Sakura Indah, Jalan Bunga Sakura III No. 10 Kelurahan Tanjung Selamat, Kecamatan Medan Tuntungan.
Bagi kamu yang beragama Katolik, kamu bisa beribadah dan berdoa di tempat ini. Dan bagi agama lain, kamu bisa sekedar melihat keunikan-keunikan yang ada di tempat ini.
Nah, itulah beberapa list tempat wisata yang ada di Sumatera Utara yang indah dan menarik tentunya.
Beberapa tempat wisata tersebut bisa menjadi salah satu pilihan bagi kamu yang ingin menghabiskan akhir pekan atau libur panjang bersama keluarga, pacar atau sahabat.

Ini Dia 10 Tempat Wisata di Sumatera Utara Yang Wajib Dikunjungi

Newsral.com
Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi dengan jumlah penduduk terpadat di antara provinsi lain di pulau Sumatera dan merupakan kota terbesar setelah kota Jakarta dan Surabaya. Bukan hanya kotanya yang besar, Sumatera Utara juga memiliki beberapa tempat wisata yang indah baik wisata alam maupun budaya.
Tempat wisata seperti Danau Toba, Istana Maimun, Masjid Raya Medan merupakan beberapa tempat wisata yang sudah terkenal dari kota Medan yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.
Namun, tahukah kamu masih banyak lagi tempat wisata di provinsi Sumatera Utara yang indah dan tak kalah menarik dari tempat wisata tersebut.
Sebelumnya saya sudah pernah membahas tempat wisata yang ada di Medan yang wajib kamu kunjungi.
Nah, kali ini saya akan membahas tentang beberapa tempat wisata secara keseluruhan di Provinsi Sumatera Utara.
Oke… Let’s check it out 😉
1. Paropo

Paropo
Paropo

Sudah pernah dengar dengan tempat wisata Paropo? Pastinya kamu sudah pada tahu kan? Tempat wisata yang bernama Paropo Tepian Danau Toba ini memang sedang hits dan booming di kalangan anak muda terutama di media sosial.
Paropo adalah sebuah desa kecil yang berada di Kecamatan Silalahi Sabungan, Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara.
Letaknya yang strategis di tepian Danau Toba menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk menikmati keindahan Danau Toba dari tepian untuk sekedar duduk santai dan semilir angin sepoi-sepoi serta udara yang sejuk membuat kamu betah dan ingin berlama-lama disini.
Keindahan Paropo ini sering disebut sebagai Ranu Kumbolonya Sumatera. Perairan Danau Toba yang bersih dan hijaunya perbukitan di sekitar membuat tempat ini memang mirip sekali dengan Ranu Kumbolo di Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.
Selain itu, panorama yang indah di Paropo ini juga sering dijadikan sebagai tempat favorit camping bagi anak muda. Biar suasana semakin seru para anak muda yang sering kesini juga sambil memancing dan bakar-bakar ikan.
2. Kawah Putih Dolok Tinggi Raja

Kawah Putih Dolok Tinggi Raja
Kawah Putih Dolok Tinggi Raja

Nah, jika pulau Jawa punya Kawah Putih Ciwidey, pulau Sumatera juga punya Kawah Putih Tinggi Raja yang tak kalah indah dan menarik. Kawah Putih Dolok Tinggi Raja adalah sebuah objek wisata alam yang berada di Desa Dolok Merawan, Kecamatan Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun.
Kawah ini di dominasi dengan warna putih seperti salju dan di tengah kawah terdapat air panas berwarna biru kehijauan yang mengeluarkan asap dari dalamnya. Sumber air panas yang mencapai suhu sekitar 90 derajat celcius ini berasal dari bukit-bukit kecil yang ada disekitar yang ada di daerah tersebut.
Aliran air panas yang mengalir diantara bebatuan kapur yang berundak-undak, menjadikan batuan tersebut menjadi putih bersih seperti salju. Sehingga sebagian orang menyebut kawah ini dengan Salju Panas Dolok Tinggi Raja. Namun sayangnya, tempat wisata ini belum tereksplorasi dengan baik.
Kawah putih ini berada di tengah kawasan hutan pohon yang tinggi membuat tempat wisata ini belum terlalu di kenal. Untuk sampai ke lokasi kawah putih ini kamu bisa memulai perjalanan dari Medan – Lubuk Pakam – Galang hingga tiba di Dolok Tinggi Raja dengan waktu tempuh sekitar 3-4 jam.
3. Pantai Lagundri dan Pantai Sorake

Pantai Lagundri dan Pantai Sorake
Pantai Lagundri dan Pantai Sorake

Sudah pernah dengar dengan Pantai Lagundri dan Pantai Sorake? Kedua pantai ini termasuk salah satu dari 10 lokasi surfing terbaik di dunia lho… Pantai Lagundri dan Pantai Sorake merupakan dua pantai yang berada dalam satu garis pantai. Jarak kedua pantai itu hanya dua kilometer saja.
Pantai Lagundri dan Pantai Sorake ini terletak di Desa Botohilitano, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan. Pantai Lagundri dan Pantai Sorake bukan hanya memiliki landscape panorama yang indah tetapi juga tersohor sebagai lokasi selancar (surfing) bertaraf internasional.
Ketenaran kedua pantai tersebut kini disandingkan dengan deburan ombak menantang di Hawaii. Mereka akan menjajal lipatan gelombang yang tingginya mampu mencapai 7 hingga 10 meter dengan lima tingkatan. Selain itu, panjang daya dorong ombak di kawasan ini nyatanya bisa mencapai 200 meter.
Akan lebih menarik dan menantang ombaknya saat tiba bulan purnama. Salah satu yang membuat ombak di Lagundri ini ideal bagi selancar adalah karena lokasinya berhadapan dengan Samudera Indonesia dan juga merupakan tempat bertemunya teluk sehingga ombak akan mengalir  besar.
4. Bukit Lawang

Bukit Lawang
Bukit Lawang

Bukit Lawang merupakan tempat wisata yang berada di Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Lokasi ini terletak sekitar 68 km sebelah barat laut Kota Binjai dan sekitar 80 km di sebelah barat laut Kota Medan.
Bukit lawang merupakan pintu gerbang ke dalam hutan Sumatera dengan pemandangan yang indah dan menakjubkan karena berada di kaki Gunung Leuser. Disana kita bisa melihat primata lucu bernama orang utan.
Orang Utan? Yap… Karena disana merupakan tempat rehabilitasi orang utan serta flora dan fauna menarik lainnya. Selain itu juga ada gajah, harimau, badak yang menghuni hutan Bukit Lawang ini.
Hal lain yang sering dilakukan jika berkunjung ke Bukit Lawang ini adalah wisata tubing. Wisata tubing adalah wisata air seperti arung jeram namun perahu yang dipakai adalah ban dan hanya bisa dinaiki satu orang untuk satu ban.
Lokasi ini memang sering dijadikan tempat wisata tubing karena dekat dengan arus Sungai Bahorok dengan arus sungai yang deras.
Wisata tubing ini cocok untuk kamu yang senang dengan permainan yang memacu adrenalin.
5. Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar
Danau Lau Kawar

Kamu sudah pernah mendengar tempat wisata Danau Lau Kawar? Jika belum, saya akan memberikan sekilas informasi tentang danau yang berada di kaki Gunung Sinabung ini.
Danau Lau Kawar ini berada di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara. Untuk menuju lokasi ini kamu bisa berangkat dari kota Medan dengan waktu tempuh selama 3 jam menuju kota Berastagi.
Selama perjalanan menuju danau ini, kamu akan disuguhi pemandangan indah alam Gunung Sinabung dan juga hamparan kebun sayur milik masyarakat sekitar yang berada di sekitar kaki gunung.
Jalan menuju ke danau ini juga cukup mulus karena sebagian besar sudah beraspal. Jalan tanah hanya akan dimulai kamu temui pada saat sudah mendekati danau namun jalan tersebut masih bisa dilewati oleh sepeda motor atau mobil.
Tiba di danau ini kamu akan merasakan udara yang sejuk dan segar karena danau ini terletak persis di kaki Gunung Sinabung. Air danau ini juga bersih dan tampak tenang dan di kelilingi oleh pepohonan hijau yang rimbun yang akan memanjakan mata serta membuat kita betah untuk berlama-lama disana.
6. Air Terjun Sigura-Gura

Air Terjun Sigura-Gura

Air Terjun Sigura-Gura merupakan salah satu tempat wisata unggulan bagi Provinsi Sumatera Utara khususnya masyarakat Kabupaten Toba Samosir. Air Terjun Sigura-Gura juga menjadi air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai sekitar 250 meter.
Ketinggian air terjun juga mengalahkan ketinggian Air Terjun Madakaripura (200 meter) dan Air Terjun Payakumbuh (150 meter). Air terjun ini juga menjadi salah satu aset penting bagi penduduk Sumatera Utara karena air terjun ini dijadikan sebagai salah satu Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dan sumber irigasi dengan dibangunnya Bendungan Sigura-Gura.
Air terjun ini terletak di Kabupaten Toba Samosir yang tak lain adalah dataran tinggi di pinggiran Danau Toba tepatnya 250 km dari pusat kota Medan. Kawasan Air Terjun Sigura-Gura ini sebenarnya bukan hanya sekedar air terjun atau bendungan saja.
Kawasan Air Terjun Sigura-Gura ini memiliki pemandangan alam yang indah dan menawan dan juga letaknya yang tak terlalu jauh dari Danau Toba membuat air terjun ini banyak di kunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.
7. Rahmat International Wildlife Museum and Gallery

Rahmat International Wildlife Museum
Rahmat International Wildlife Museum

Rahmat International Wildlife Museum and Gallery adalah sebuah museum dan galeri yang menyimpan beragam koleksi mengagumkan yang terdiri dari berbagai binatang liar yang diawetkan yang berasal dari tempat berburu di berbagai tempat di seluruh penjuru dunia. Rahmat International Wildlife Museum and Gallery ini juga merupakan satu-satunya di Asia yang memiliki koleksi ± 2000 spesies dari berbagai Negara mulai dari yang kecil hingga yang terbesar sesuai dengan habitatnya.
Museum dan galeri ini di resmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yaitu Bapak Prof. Dr. Juwono Sudarsono, MA pada tanggal 14 Mei 1999. Karena besarnya minat masyarakat terhadap museum dan galeri ini maka dilakukan perluasan bangunan yang lebih luas dengan fasilitas yang lebih lengkap dengan luas gedung ± 3000 m² dan diresmikan oleh Presiden RI Bapak Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono, MA pada tanggal 13 November 2007.
Tempat yang konon merupakan galeri satwa liar pertama di Asia Tenggara adalah milik seorang pengusaha dan pemburu profesional yang bernama Rahmat Shah. Rahmat adalah orang Indonesia pertama yang menerima penghargaan dan pengakuan internasional seperti The Big Five Grand Slam Awards dan World Hunting Awards.
Jika kamu tertarik untuk mengunjungi museum dan galeri ini, lokasi museum dan galeri ini berada di Jalan S. Parman No. 309, Medan Kota.
8. Aek Sijorni

Aek Sijorni
Aek Sijorni

Aek Sijorni merupakan tempat wisata air terjun yang berada di desa Aek Libung, Kecamatan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan. Tempat ini menawarkan panorama berupa air terjun bertingkat dengan dikelilingi oleh pohon kelapa yang rimbun yang menjadikan air terjun ini menjadi menarik.
Aek Sijorni ini memang memilki air yang jernih sesuai dengan namanya yaitu Aek yang berarti air dan Sijorni yang berarti jernih. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter yang landai dengan air yang jernih seperti kristal dengan arus yang sangat deras.
Udara di sekitar air terjun ini juga segar dan sejuk yang menjadikan pengunjung merasa nyaman. Air terjun ini cocok sekali untuk mandi-mandi dan berekreasi bersama keluarga.
9. Pantai Pandan

Pantai Pandan
Pantai Pandan

Pantai pandan adalah salah satu pantai yang paling populer di Sumatera Utara dan menjadi destinasi favorit bagi keluarga yang ingin menghabiskan waktu liburan di pantai. Pantai Pandan terletak di pesisir Sibolga, secara administratif termasuk dalam wilayah Desa Pandan, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah.
Pantai Pandan memiliki air biru yang jernih dan pepohonan rindang. Selain itu pantai ini juga memiliki pasir yang sangat halus sehingga sangat nyaman mengelilingi pantai ini dengan telanjang kaki. Mengelilingi pantai dengan menaiki sepeda juga menjadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan pengunjung jika ke pantai yang eksotis ini.
Ombak di pantai ini juga tidak terlalu besar dan air yang tenang sehingga kamu bisa berenang sejauh beberapa meter dari mulut pantai dengan aman. Selain itu, disekitar pantai ini juga banyak pedagang yang menjajakan dagangannya dengan berkeliling atau warung-warung yang ada di sekitar pantai.
Bagi kamu yang ingin menginap, disini juga sudah tersedia penginapan yang sudah tersedia penginapan berkelas internasional di sekitar Pantai Pandan.
10. Graha Santa Maria Annai Velangkani

Graha Santa Maria Annai Velangkani
Graha Santa Maria Annai Velangkani

Graha Santa Maria Annai Velangkani adalah salah satu tempat wisata rohani yang berada di Medan. Tampak luar bangunan ini memang seperti sebuah kuil atau vihara. Namun, sebenarnya Graha Santa Maria Annai Velangkani ini adalah sebuah gereja katolik keturunan Tamil India sehingga gereja ini dibangun menyerupai bentuk kuil Hindu.
Pada awalnya tempat itu hanya diperuntukkan bagi umat Katolik Tamil yang ada di Medan. Akan tetapi, dalam perkembangannya semua umat katolik dapat datang dan berziarah ke gereja ini tanpa batas asal usul ras.
Lokasi Graha Santa Maria Annai Velangkani ini berada di Taman Sakura Indah, Jalan Bunga Sakura III No. 10 Kelurahan Tanjung Selamat, Kecamatan Medan Tuntungan.
Bagi kamu yang beragama Katolik, kamu bisa beribadah dan berdoa di tempat ini. Dan bagi agama lain, kamu bisa sekedar melihat keunikan-keunikan yang ada di tempat ini.
Nah, itulah beberapa list tempat wisata yang ada di Sumatera Utara yang indah dan menarik tentunya.
Beberapa tempat wisata tersebut bisa menjadi salah satu pilihan bagi kamu yang ingin menghabiskan akhir pekan atau libur panjang bersama keluarga, pacar atau sahabat.

No comments