Social Items

Loading...
Loading...
MikroTik ditemukan baik RouterBoard di mana RouterOS dan Lisensi adalah prebuilt dan Aplikasi RouterOS yang dapat diinstal pada Mesin Fisik atau Mesin Virtual. Instalasi RouterOS pada Mesin Fisik atau Virtual memiliki batasan lisensi. Paket penuh RouterOS tidak dapat digunakan lebih dari 24 jam tanpa lisensi. Jadi, aplikasi RouterOS tidak cocok untuk Trainee atau tidak cocok untuk tujuan RND. Dari RouterOS v6.34, MikroTik memperkenalkan Cloud Hosted Router (CHR, versi RouterOS baru) yang memiliki skema lisensi berbeda. MikroTik CHR memiliki paket RouterOS lengkap dan dapat digunakan gratis dengan batasan bandwidth. Jadi, MikroTik CHR sangat membantu bagi peserta pelatihan dan pengguna RND. Pada artikel ini, saya akan membahas cara menginstal MikroTik Cloud Hosted Router di VMware Workstation dengan benar dengan panduan langkah demi langkah.

MikroTik Cloud Hosted Router (CHR) dan Lisensi

MikroTik CHR adalah versi RouterOS yang ditujukan untuk berjalan sebagai mesin virtual. Ini mendukung arsitektur x86 dan 64-bit dan dapat digunakan pada sebagian besar hypervisor populer seperti VMWare, Hyper-V, VirtualBox, KVM dan lainnya. MikroTik CHR memiliki fitur RouterOS penuh yang diaktifkan secara default tetapi memiliki model lisensi yang berbeda berdasarkan bandwidth unggah dari versi RouterOS lainnya.

Membuat akun MikroTik, tingkat lisensi berbayar apa pun dapat digunakan selama 60 hari (lisensi uji coba 60 hari). Dalam jangka waktu 60 hari, Anda harus membeli tingkat lisensi apa pun jika tidak MikroTik CHR tidak dapat digunakan lagi. Anda harus melakukan instalasi CHR baru yang lengkap.

Menginstal MikroTik CHR di VMware Workstation

MikroTik CHR dapat dengan mudah diinstal pada VMware Workstation tetapi Anda harus mengetahui prosedur pemasangan yang benar. Instalasi MikroTik CHR pada VMware Workstation dapat dibagi menjadi langkah-langkah berikut.

Bagaimana cara Menginstal MikroTik CHMengunduh MikroTik CHR disk image (vmdk)

  1. Mengunduh dan Menginstal VMware Workstation
  2. Menyesuaikan Jaringan VMware
  3. Membuat mesin virtual baru untuk MikroTik CHR
  4. Mengakses Perute MikroTik Virtual dari WinboxR di VMware Workstation

Langkah 1: Mengunduh Image Disk MikroTik CHR
MikroTik memperkenalkan Cloud Hosted Router dari RouterOS v6.34. Jadi, mengunjungi halaman unduhan MikroTik, Anda dapat dengan mudah mengunduh MikroTik CHR. Kami membutuhkan file gambar VMDK untuk VMware Workstation. Jadi, kunjungi Halaman Unduh MikroTik di (mikrotik(dot)com) dan unduh file gambar VMDK dari rilis RouterOS stabil saat ini. Versi RouterOS stabil saat ini adalah 6.45.5 (Pada saat penerbitan artikel ini). Jadi, saya menggunakan VMDK image chr-6.45.5.vmdk untuk artikel ini.

Langkah 2: Mengunduh dan Menginstal VMware Workstation
VMware Workstation adalah hypervisor tipe 2. Jadi, itu harus dijalankan pada Sistem Operasi Host. VMware Workstation dapat diinstal pada Sistem Operasi Windows dan Linux dan dapat diunduh dari halaman unduhan VMware tetapi Anda harus memiliki akun VMware. Jika Anda tidak memiliki akun VMware, buat akun di VMware dan masuklah ke akun Anda lalu unduh VMware Workstation untuk Sistem Operasi Anda dari halaman unduhan VMware. Atau, Anda dapat mengunduh VMware Workstation dari situs berbagi perangkat lunak apa pun. Pada artikel ini, saya menggunakan VMware Workstation 15.0.0 pada Sistem Operasi Windows.

Instalasi VMware Workstation pada Sistem Operasi Windows sangat mudah. Seperti aplikasi perangkat lunak lain, ia hanya akan meminta untuk mengikuti beberapa instruksi grafis. Selesaikan instalasi VMware dan jalankan. VMware Workstation dapat meminta lisensi saat pertama kali berjalan. Anda dapat menemukan lisensi dengan mencari di Google atau menggunakan workstation selama 30 hari uji coba. Halaman beranda VMware Workstation 15.0.0 tampak seperti gambar berikut.

Halaman Depan VMWare Workstation 15
Halaman Depan VMWare Workstation 15
Langkah 3: Menyesuaikan Jaringan VMware
Mengapa? Karena jika Anda memiliki beberapa kartu jaringan / adaptor, Anda dapat membuat beberapa switch virtual yang uplinknya akan menjadi adaptor jaringan fisik. Di VMware Workstation 15.0.0, Anda dapat membuat maksimum 20 switch virtual.

Saya telah menginstal VMware Workstation di laptop saya yang memiliki dua kartu jaringan (WLAN dan LAN). Jika saya membuat dua switch virtual yang uplinknya akan menjadi dua antarmuka jaringan fisik, saya akan dapat membuat dua adapter jaringan virtual untuk mesin virtual MikroTik CHR di mana satu adapter jaringan akan terhubung ke satu switch virtual dan adapter jaringan lain akan terhubung ke yang lain. saklar virtual. Jadi, router virtual saya akan memiliki dua antarmuka jaringan dan satu dapat digunakan sebagai koneksi WAN dan yang lainnya dapat digunakan sebagai koneksi LAN.

Langkah-langkah berikut akan menunjukkan cara membuat dua switch virtual yang akan terhubung dengan dua adapter jaringan fisik.

  • Buka menu Edit dan klik opsi Virtual Network Editor…. Jendela Virtual Network Editor akan muncul di mana switch / jaringan virtual saat ini terdaftar. Anda dapat menemukan semua opsi redup jika Anda tidak memiliki hak admin. Jika demikian, klik tombol Ubah Pengaturan di bagian bawah dan kemudian Anda akan menemukan semua opsi aktif.
  • Untuk mempermudah, hapus semua sakelar virtual tanpa VMnet0 dan VMnet1 (Pilih sakelar virtual apa pun dan klik tombol Hapus Jaringan). Jika Anda tidak memiliki VMnet0 atau VMnet1, klik Tambah Jaringan ... Tambahkan jendela Jaringan Virtual akan muncul. Pilih VMnet0 atau VMnet1 yang ingin Anda buat dari Pilih jaringan untuk menambahkan menu dropdown dan klik tombol OK. Anda akan menemukan bahwa switch / jaringan virtual yang Anda buat akan terdaftar sekarang.
  • Klik pada switch virtual VMnet0 dan klik tombol radio Bridged dari panel Informasi VMnet dan kemudian pilih adapter jaringan fisik Anda (saya memilih adaptor WLAN untuk artikel ini) yang ingin Anda buat uplink untuk switch virtual ini, dari Bridged to dropdown menu.
  • Demikian pula, klik pada VMnet1 virtual switch dan klik pada tombol radio Bridged dan kemudian pilih adapter jaringan fisik Anda (saya memilih adapter LAN untuk artikel ini) yang ingin Anda buat uplink untuk switch virtual ini, dari Bridged ke menu dropdown. Sekarang klik tombol Apply dan OK.
Editor Jaringan Virtual VMware
Editor Jaringan Virtual VMware

Pembuatan switch virtual untuk adapter jaringan fisik telah selesai di mana satu switch akan digunakan sebagai koneksi WAN dan yang lainnya akan digunakan sebagai koneksi LAN. Jika Anda memiliki lebih banyak adapter jaringan fisik, Anda dapat membuat lebih banyak switch virtual di VMware Workstation.

Langkah 4: Membuat Mesin Virtual untuk MikroTik CHR
Kami sekarang akan membuat mesin virtual yang akan digunakan sebagai router virtual di VMware Workstation. Langkah-langkah berikut akan menunjukkan cara membuat mesin virtual baru untuk MikroTik CHR.

  • Buka menu File dan klik Mesin Virtual Baru ... Jendela Wizard Mesin Virtual Baru akan datang.
  • Sekarang akan bertanya jenis konfigurasi apa yang Anda inginkan. Klik tombol radio kustom dan kemudian klik berikutnya
  • Tidak ada hubungannya dengan kompatibilitas perangkat keras mesin virtual. Jadi, klik tombol Next.
  • Dari Instalasi Sistem Operasi Tamu, pilih saya akan menginstal sistem operasi nanti tombol radio dan kemudian klik tombol Berikutnya.
  • Dari Pilih Sistem Operasi Tamu, klik tombol radio Lain dan kemudian pilih Lainnya 64-bit dari menu dropdown versi.
  • Sekarang masukkan nama router virtual yang Anda inginkan di kotak input nama mesin Virtual (MikroTik CHR). Secara opsional, Anda dapat mengatur lokasi default mesin virtual ke lokasi yang Anda inginkan di mana file terkait mesin virtual akan disimpan. Sekarang klik tombol Next.
  • Dari Konfigurasi Prosesor, pilih berapa banyak prosesor yang ingin Anda tetapkan untuk router virtual Anda dari menu dropdown Jumlah prosesor dan pilih berapa banyak inti yang ingin Anda tetapkan per prosesor dari Jumlah inti per menu drop-down prosesor. Klik tombol Next.
  • Sekarang tetapkan memori router virtual (RAM) Anda dan klik tombol Next.
  • Dari Jenis Jaringan, klik Gunakan tombol radio jaringan yang dijalin dari panel koneksi Jaringan dan kemudian klik tombol Berikutnya.
  • Pilih pengontrol I / O jenis LSI Logic SAS dan kemudian klik tombol Berikutnya.
  • Sekarang pilih jenis disk virtual IDE dan kemudian klik tombol Next.
  • Dari panel Disk, klik Gunakan tombol radio disk virtual yang ada dan klik tombol Berikutnya.
  • Sekarang telusuri file gambar VMDK yang Anda unduh dari panel file disk yang ada dan kemudian klik tombol Next. Sekarang ia akan bertanya apakah itu akan mengubah disk mesin virtual keluar ke format yang lebih baru atau tidak. Klik tombol Convert.
  • Sekarang klik tombol Customize Hardware. Jendela perangkat keras akan muncul.
  • Klik tombol Tambah. Add Hardware Wizard akan muncul. Klik Network Adapter dan klik tombol Finish. Sekarang Anda akan menemukan adaptor jaringan lain dalam daftar Perangkat Keras.
  • Klik Network Adapter pertama dan klik Custom: tombol radio jaringan virtual spesifik dan kemudian pilih VMnet0 dari menu dropdown. Demikian pula, klik Network Adapter kedua dan klik Custom: tombol radio jaringan virtual spesifik dan kemudian pilih VMnet1 dari menu dropdown dan kemudian klik tombol Close.
  • Sekarang klik tombol Selesai untuk menutup jendela New Virtual Machine Wizard. Mesin / router virtual baru Anda sekarang akan dibuat dan terdaftar di bawah bagian Komputer Saya.
  • Klik tombol kanan mouse pada mesin virtual baru dan pergi ke opsi Power dan kemudian klik Start Up Guest.
  • Mesin virtual / Virtual Router (MikroTik CHR) akan mulai sekarang dan meminta untuk masuk. Nama pengguna default adalah admin dan kata sandi kosong. Jadi, login dengan informasi ini. Setelah masuk, Anda akan menemukan MikroTik CHR Anda seperti gambar berikut.
MikroTik Virtual Router di VMware
MikroTik Virtual Router di VMware
Langkah 5: Mengakses MikroTik Virtual Router (CHR) dari Winbox
Kami telah berhasil menginstal MikroTik CHR di VMware Workstation. Kami sekarang akan mengakses MikroTik Virtual Router dari Winbox sehingga kami dapat dengan mudah mengkonfigurasi MikroTik Router kami. Untuk menghubungkan MikroTik Virtual Router dari Winbox, pertama unduh Winbox dari situs MikroTik. Hubungkan adapter jaringan fisik Anda ke sakelar fisik dan nyalakan sakelar fisik. Sekarang buka Winbox dari PC mana pun yang terhubung dengan sakelar fisik ini atau dari Desktop atau Laptop Anda tempat VMware Workstation diinstal dan klik tombol deteksi otomatis. Jika semuanya OK, Anda akan menemukan alamat MAC router CHR Anda. Klik pada alamat MAC dan masukkan admin nama pengguna dan biarkan kata sandi kosong lalu klik tombol Sambungkan. Sekarang Anda akan menemukan Cloud Hosted Router di Winbox.

MikroTik CHR Login dari Winbox
MikroTik CHR Login dari Winbox
Catatan: Gunakan MikroTik CHR di VMware Workstation hanya untuk tujuan RND. Jika Anda ingin menggunakan MikroTik CHR untuk produksi, saya akan menyarankan menggunakan ESXi Hypervisor yang merupakan hypervisor bar logam yang duduk langsung pada lapisan perangkat keras fisik dan mengelola mesin virtual. Di sisi lain, hyperware VMware Workstation berada pada Sistem Operasi Host (Windows atau Linux) dan sepenuhnya bergantung pada Sistem Operasi Host tersebut. Untuk ini, VMware Workstation tidak selalu cocok untuk penggunaan produksi.

Cara Memasang MikroTik CHR di VMware Workstation

Newsral.com
MikroTik ditemukan baik RouterBoard di mana RouterOS dan Lisensi adalah prebuilt dan Aplikasi RouterOS yang dapat diinstal pada Mesin Fisik atau Mesin Virtual. Instalasi RouterOS pada Mesin Fisik atau Virtual memiliki batasan lisensi. Paket penuh RouterOS tidak dapat digunakan lebih dari 24 jam tanpa lisensi. Jadi, aplikasi RouterOS tidak cocok untuk Trainee atau tidak cocok untuk tujuan RND. Dari RouterOS v6.34, MikroTik memperkenalkan Cloud Hosted Router (CHR, versi RouterOS baru) yang memiliki skema lisensi berbeda. MikroTik CHR memiliki paket RouterOS lengkap dan dapat digunakan gratis dengan batasan bandwidth. Jadi, MikroTik CHR sangat membantu bagi peserta pelatihan dan pengguna RND. Pada artikel ini, saya akan membahas cara menginstal MikroTik Cloud Hosted Router di VMware Workstation dengan benar dengan panduan langkah demi langkah.

MikroTik Cloud Hosted Router (CHR) dan Lisensi

MikroTik CHR adalah versi RouterOS yang ditujukan untuk berjalan sebagai mesin virtual. Ini mendukung arsitektur x86 dan 64-bit dan dapat digunakan pada sebagian besar hypervisor populer seperti VMWare, Hyper-V, VirtualBox, KVM dan lainnya. MikroTik CHR memiliki fitur RouterOS penuh yang diaktifkan secara default tetapi memiliki model lisensi yang berbeda berdasarkan bandwidth unggah dari versi RouterOS lainnya.

Membuat akun MikroTik, tingkat lisensi berbayar apa pun dapat digunakan selama 60 hari (lisensi uji coba 60 hari). Dalam jangka waktu 60 hari, Anda harus membeli tingkat lisensi apa pun jika tidak MikroTik CHR tidak dapat digunakan lagi. Anda harus melakukan instalasi CHR baru yang lengkap.

Menginstal MikroTik CHR di VMware Workstation

MikroTik CHR dapat dengan mudah diinstal pada VMware Workstation tetapi Anda harus mengetahui prosedur pemasangan yang benar. Instalasi MikroTik CHR pada VMware Workstation dapat dibagi menjadi langkah-langkah berikut.

Bagaimana cara Menginstal MikroTik CHMengunduh MikroTik CHR disk image (vmdk)

  1. Mengunduh dan Menginstal VMware Workstation
  2. Menyesuaikan Jaringan VMware
  3. Membuat mesin virtual baru untuk MikroTik CHR
  4. Mengakses Perute MikroTik Virtual dari WinboxR di VMware Workstation

Langkah 1: Mengunduh Image Disk MikroTik CHR
MikroTik memperkenalkan Cloud Hosted Router dari RouterOS v6.34. Jadi, mengunjungi halaman unduhan MikroTik, Anda dapat dengan mudah mengunduh MikroTik CHR. Kami membutuhkan file gambar VMDK untuk VMware Workstation. Jadi, kunjungi Halaman Unduh MikroTik di (mikrotik(dot)com) dan unduh file gambar VMDK dari rilis RouterOS stabil saat ini. Versi RouterOS stabil saat ini adalah 6.45.5 (Pada saat penerbitan artikel ini). Jadi, saya menggunakan VMDK image chr-6.45.5.vmdk untuk artikel ini.

Langkah 2: Mengunduh dan Menginstal VMware Workstation
VMware Workstation adalah hypervisor tipe 2. Jadi, itu harus dijalankan pada Sistem Operasi Host. VMware Workstation dapat diinstal pada Sistem Operasi Windows dan Linux dan dapat diunduh dari halaman unduhan VMware tetapi Anda harus memiliki akun VMware. Jika Anda tidak memiliki akun VMware, buat akun di VMware dan masuklah ke akun Anda lalu unduh VMware Workstation untuk Sistem Operasi Anda dari halaman unduhan VMware. Atau, Anda dapat mengunduh VMware Workstation dari situs berbagi perangkat lunak apa pun. Pada artikel ini, saya menggunakan VMware Workstation 15.0.0 pada Sistem Operasi Windows.

Instalasi VMware Workstation pada Sistem Operasi Windows sangat mudah. Seperti aplikasi perangkat lunak lain, ia hanya akan meminta untuk mengikuti beberapa instruksi grafis. Selesaikan instalasi VMware dan jalankan. VMware Workstation dapat meminta lisensi saat pertama kali berjalan. Anda dapat menemukan lisensi dengan mencari di Google atau menggunakan workstation selama 30 hari uji coba. Halaman beranda VMware Workstation 15.0.0 tampak seperti gambar berikut.

Halaman Depan VMWare Workstation 15
Halaman Depan VMWare Workstation 15
Langkah 3: Menyesuaikan Jaringan VMware
Mengapa? Karena jika Anda memiliki beberapa kartu jaringan / adaptor, Anda dapat membuat beberapa switch virtual yang uplinknya akan menjadi adaptor jaringan fisik. Di VMware Workstation 15.0.0, Anda dapat membuat maksimum 20 switch virtual.

Saya telah menginstal VMware Workstation di laptop saya yang memiliki dua kartu jaringan (WLAN dan LAN). Jika saya membuat dua switch virtual yang uplinknya akan menjadi dua antarmuka jaringan fisik, saya akan dapat membuat dua adapter jaringan virtual untuk mesin virtual MikroTik CHR di mana satu adapter jaringan akan terhubung ke satu switch virtual dan adapter jaringan lain akan terhubung ke yang lain. saklar virtual. Jadi, router virtual saya akan memiliki dua antarmuka jaringan dan satu dapat digunakan sebagai koneksi WAN dan yang lainnya dapat digunakan sebagai koneksi LAN.

Langkah-langkah berikut akan menunjukkan cara membuat dua switch virtual yang akan terhubung dengan dua adapter jaringan fisik.

  • Buka menu Edit dan klik opsi Virtual Network Editor…. Jendela Virtual Network Editor akan muncul di mana switch / jaringan virtual saat ini terdaftar. Anda dapat menemukan semua opsi redup jika Anda tidak memiliki hak admin. Jika demikian, klik tombol Ubah Pengaturan di bagian bawah dan kemudian Anda akan menemukan semua opsi aktif.
  • Untuk mempermudah, hapus semua sakelar virtual tanpa VMnet0 dan VMnet1 (Pilih sakelar virtual apa pun dan klik tombol Hapus Jaringan). Jika Anda tidak memiliki VMnet0 atau VMnet1, klik Tambah Jaringan ... Tambahkan jendela Jaringan Virtual akan muncul. Pilih VMnet0 atau VMnet1 yang ingin Anda buat dari Pilih jaringan untuk menambahkan menu dropdown dan klik tombol OK. Anda akan menemukan bahwa switch / jaringan virtual yang Anda buat akan terdaftar sekarang.
  • Klik pada switch virtual VMnet0 dan klik tombol radio Bridged dari panel Informasi VMnet dan kemudian pilih adapter jaringan fisik Anda (saya memilih adaptor WLAN untuk artikel ini) yang ingin Anda buat uplink untuk switch virtual ini, dari Bridged to dropdown menu.
  • Demikian pula, klik pada VMnet1 virtual switch dan klik pada tombol radio Bridged dan kemudian pilih adapter jaringan fisik Anda (saya memilih adapter LAN untuk artikel ini) yang ingin Anda buat uplink untuk switch virtual ini, dari Bridged ke menu dropdown. Sekarang klik tombol Apply dan OK.
Editor Jaringan Virtual VMware
Editor Jaringan Virtual VMware

Pembuatan switch virtual untuk adapter jaringan fisik telah selesai di mana satu switch akan digunakan sebagai koneksi WAN dan yang lainnya akan digunakan sebagai koneksi LAN. Jika Anda memiliki lebih banyak adapter jaringan fisik, Anda dapat membuat lebih banyak switch virtual di VMware Workstation.

Langkah 4: Membuat Mesin Virtual untuk MikroTik CHR
Kami sekarang akan membuat mesin virtual yang akan digunakan sebagai router virtual di VMware Workstation. Langkah-langkah berikut akan menunjukkan cara membuat mesin virtual baru untuk MikroTik CHR.

  • Buka menu File dan klik Mesin Virtual Baru ... Jendela Wizard Mesin Virtual Baru akan datang.
  • Sekarang akan bertanya jenis konfigurasi apa yang Anda inginkan. Klik tombol radio kustom dan kemudian klik berikutnya
  • Tidak ada hubungannya dengan kompatibilitas perangkat keras mesin virtual. Jadi, klik tombol Next.
  • Dari Instalasi Sistem Operasi Tamu, pilih saya akan menginstal sistem operasi nanti tombol radio dan kemudian klik tombol Berikutnya.
  • Dari Pilih Sistem Operasi Tamu, klik tombol radio Lain dan kemudian pilih Lainnya 64-bit dari menu dropdown versi.
  • Sekarang masukkan nama router virtual yang Anda inginkan di kotak input nama mesin Virtual (MikroTik CHR). Secara opsional, Anda dapat mengatur lokasi default mesin virtual ke lokasi yang Anda inginkan di mana file terkait mesin virtual akan disimpan. Sekarang klik tombol Next.
  • Dari Konfigurasi Prosesor, pilih berapa banyak prosesor yang ingin Anda tetapkan untuk router virtual Anda dari menu dropdown Jumlah prosesor dan pilih berapa banyak inti yang ingin Anda tetapkan per prosesor dari Jumlah inti per menu drop-down prosesor. Klik tombol Next.
  • Sekarang tetapkan memori router virtual (RAM) Anda dan klik tombol Next.
  • Dari Jenis Jaringan, klik Gunakan tombol radio jaringan yang dijalin dari panel koneksi Jaringan dan kemudian klik tombol Berikutnya.
  • Pilih pengontrol I / O jenis LSI Logic SAS dan kemudian klik tombol Berikutnya.
  • Sekarang pilih jenis disk virtual IDE dan kemudian klik tombol Next.
  • Dari panel Disk, klik Gunakan tombol radio disk virtual yang ada dan klik tombol Berikutnya.
  • Sekarang telusuri file gambar VMDK yang Anda unduh dari panel file disk yang ada dan kemudian klik tombol Next. Sekarang ia akan bertanya apakah itu akan mengubah disk mesin virtual keluar ke format yang lebih baru atau tidak. Klik tombol Convert.
  • Sekarang klik tombol Customize Hardware. Jendela perangkat keras akan muncul.
  • Klik tombol Tambah. Add Hardware Wizard akan muncul. Klik Network Adapter dan klik tombol Finish. Sekarang Anda akan menemukan adaptor jaringan lain dalam daftar Perangkat Keras.
  • Klik Network Adapter pertama dan klik Custom: tombol radio jaringan virtual spesifik dan kemudian pilih VMnet0 dari menu dropdown. Demikian pula, klik Network Adapter kedua dan klik Custom: tombol radio jaringan virtual spesifik dan kemudian pilih VMnet1 dari menu dropdown dan kemudian klik tombol Close.
  • Sekarang klik tombol Selesai untuk menutup jendela New Virtual Machine Wizard. Mesin / router virtual baru Anda sekarang akan dibuat dan terdaftar di bawah bagian Komputer Saya.
  • Klik tombol kanan mouse pada mesin virtual baru dan pergi ke opsi Power dan kemudian klik Start Up Guest.
  • Mesin virtual / Virtual Router (MikroTik CHR) akan mulai sekarang dan meminta untuk masuk. Nama pengguna default adalah admin dan kata sandi kosong. Jadi, login dengan informasi ini. Setelah masuk, Anda akan menemukan MikroTik CHR Anda seperti gambar berikut.
MikroTik Virtual Router di VMware
MikroTik Virtual Router di VMware
Langkah 5: Mengakses MikroTik Virtual Router (CHR) dari Winbox
Kami telah berhasil menginstal MikroTik CHR di VMware Workstation. Kami sekarang akan mengakses MikroTik Virtual Router dari Winbox sehingga kami dapat dengan mudah mengkonfigurasi MikroTik Router kami. Untuk menghubungkan MikroTik Virtual Router dari Winbox, pertama unduh Winbox dari situs MikroTik. Hubungkan adapter jaringan fisik Anda ke sakelar fisik dan nyalakan sakelar fisik. Sekarang buka Winbox dari PC mana pun yang terhubung dengan sakelar fisik ini atau dari Desktop atau Laptop Anda tempat VMware Workstation diinstal dan klik tombol deteksi otomatis. Jika semuanya OK, Anda akan menemukan alamat MAC router CHR Anda. Klik pada alamat MAC dan masukkan admin nama pengguna dan biarkan kata sandi kosong lalu klik tombol Sambungkan. Sekarang Anda akan menemukan Cloud Hosted Router di Winbox.

MikroTik CHR Login dari Winbox
MikroTik CHR Login dari Winbox
Catatan: Gunakan MikroTik CHR di VMware Workstation hanya untuk tujuan RND. Jika Anda ingin menggunakan MikroTik CHR untuk produksi, saya akan menyarankan menggunakan ESXi Hypervisor yang merupakan hypervisor bar logam yang duduk langsung pada lapisan perangkat keras fisik dan mengelola mesin virtual. Di sisi lain, hyperware VMware Workstation berada pada Sistem Operasi Host (Windows atau Linux) dan sepenuhnya bergantung pada Sistem Operasi Host tersebut. Untuk ini, VMware Workstation tidak selalu cocok untuk penggunaan produksi.

No comments