Social Items

Loading...
Oregano adalah tanaman herbal yang dimanfaatkan dalam bidang kuliner sebagai garnish atau taburan makanan seperti pizza, pasta, kentang goreng, dll. Selain untuk mempercantik dan menambah rasa makanan, oregano juga memiliki manfaat kesehatan, lho. Ketahui apa saja manfaat oregano, kandungan nutrisinya, dll.

Kandungan Nutrisi Oregano

Oregano adalah tanaman herbal dari kelas Lamiaceae family atau masih satu keluarga dengan daun mint yang tumbuh di daerah Mediterania. Daun oregano digunakan dalam bidang kuliner untuk menambah rasa, aroma, dan tampilan makanan.
Oregano juga diolah menjadi minyak esensial karena memiliki aroma hangat dan kandungan alami untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan. Apa saja kandungan alami tersebut? Berikut ini adalah kandungan nutrisi oregano, yaitu:
  • Energi 5 kalori
  • 0,8 gram serat 
  • 0,029 gram kalsium 
  • 0,00066 gram zat besi
  • 5 gram magnesium 
  • 0,023 gram potasium 
  • 0,33 miligram vitamin E 
  • 0,09 miligram mangan 
  • 11.2 mikrogram vitamin K
Oregano juga memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi untuk melawan radikal bebas. Kandungan nutrisi oregano tersebut membawa banyak manfaat untuk kesehatan.

Manfaat Oregano untuk Kesehatan 

Oregano umumnya diolah dalam bentuk daun kering, namun Anda juga dapat mengkonsumsinya dalam bentuk daun segar. Oregano memiliki rasa yang agak sedikit pahit namun memiliki aroma harum dan memberikan efek menghangatkan.
Nah, Anda mungkin sering memakan taburan daun oregano kering di berbagai masakan, namun ternyata oregano bukan hanya sekadar pelengkap makanan. Terdapat beberapa manfaat oregano untuk kesehatan yang akan dibahas dalam penjelasan berikut ini:
  1. Mencegah Kanker

Berdasarkan jurnal penelitian yang terbit pada tahun 2013 oleh PLoS ONE, oregano memiliki agen antikanker untuk mencegah kanker payudara dengan memperlambat atau mencegah perkembangan sel-sel kanker tersebut.
Daun oregano juga mengandung sumber antioksidan untuk melawan radikal bebas yang merupakan penyebab kanker.
  1. Mencegah Diabetes

Bahan-bahan herbal di makanan seperti daun oregano, daun rosemary, dan marjoram memiliki kandungan yang sama dengan obat-obatan yang diresepkan untuk mengatasi diabetes tipe 2.
Menurut peneliti makanan pada tahun 2014, kandungan tersebut mungkin potensial untuk mencegah diabetes tipe 2, walaupun uji klinis masih terus dibutuhkan untuk pembuktian ini.
  1. Mengatasi Osteoporosis

Oregano mengandung bahan aktif yaitu beta-caryophyllin (E-BCP) yang berpotensi untuk membantu mengatasi gejala osteoporosis. osteoporosis adalah gangguan tulang dimana tulang menjadi rapuh karena kepadatannya menurun.
  1. Agen Antibakteri

Manfaat oregano selanjutnya adalah oregano berperan sebagai antibakteri karena oregano mengandung carvacrol alami.
Kandungan ini sangat efektif untuk melawan bakteri patogen pada makanan yaitu Listeria monocytogenes. Bakteri Listeria monocytogenes adalah bakteri yang menyebabkan keracunan makanan atau infeksi listeriosis.
  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sebuah penelitian dari Universitas Milan yang diterbitkan oleh Jurnal Biokimia Makanan mengungkapkan bahwa daun oregano mengandung asam rosmarinat dan timol yang kemudian dikaitkan dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda.
  1. Melancarkan Pencernaan

Manfaat daun oregano yang selanjutnya adalah untuk melancarkan pencernaan. Daun oregano mengandung serat yang berfungsi untuk normalisasi pergerakan usus agar pencernaan Anda lancar dan nutrisi yang masuk terserap sempurna.
  1. Meningkatkan Kesehatan Ginjal

Daun oregano memiliki kandungan asam lemak omega-3. Menurut penelitian di Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2016 mengungkapkan bahwa kandungan tersebut pada daun oregano dapat meningkatkan kesehatan jantung, menyeimbangkan level kolesterol, dan mengurangi peradangan pada sistem kardiovaskular.
  1. Mengurangi Efek Peradangan

Manfaat daun oregano yang selanjutnya adalah untuk mengurangi peradangan. Daun oregano mengandung antioksidan yang membantu untuk mengatasi peradangan.
Daun oregano juga mengandung sumber carvacrol yang merupakan agen antiinflamasi dan antibakteri. Menurut penelitian yang dilakukan pada tikus, kandungan carvacrol dapat mengurangi pembengkakan pada kaki tikus hingga 57% efektivitas, namun penelitian ini belum teruji klinis untuk peradangan pada manusia.
  1. Mencegah Infeksi Virus

Selain berperan sebagai antibakteri, manfaat oregano juga berfungsi untuk mencegah infeksi yang disebabkan oleh virus.
Daun oregano mengandung carvacrol dan timol yang kemudian dikaitkan sebagai agen antivirus untuk mencegah infeksi dari virus-virus penyebab diare, sakit perut, mual dan muntah.
  1. Pengobatan Tradisional

Manfaat oregano yang selanjutnya adalah sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit. Menurut The Natural Medicines Comprehensive Database, daun oregano dapat membantu mengatasi:
  • Sakit tenggorokan
  • Mual
  • Hidung tersumbat
  • Pilek
  • Nyeri Otot
  • Nyeri sendi
  • Bronkitis
Manfaat oregano tersebut mungkin sangat menjanjikan, namun penelitian tambahan tetap diperlukan untuk membuktikan manfaat daun oregano ini.

Manfaat Oregano Oil

Oregano juga dimanfaatkan menjadi minyak esensial yang berguna untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan dan terapi. Berikut ini adalah manfaat oregano oil, yaitu:
  1. Sumber Antioksidan

Kandungan carvacrol dan timol pada oregano merupakan sumber antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan dibutuhkan untuk melawan radikal bebas dan stres oksidatif yang menyebabkan berbagai penyakit serius seperti kanker, jantung, dan kesehatan kulit.
  1. Menyembuhkan Luka

Manfaat oregano oil selanjutnya adalah untuk menyembuhkan luka luar di kulit akibat goresan atau sayatan kecil. Minyak oregano dapat menyembuhkan luka lebih cepat dan mencegah infeksi di kulit.
  1. Minyak Anti Serangga

Cara alami untuk mengusir serangga seperti kutu dan nyamuk adalah dengan mengaplikasikan minyak esensial oregano ke kulit secara merata.
Penelitian pada tahun 2017 mengungkapkan bahwa oregano oil mengandung carvacrol dan timol yang efektif sebagai anti serangga.
  1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat daun oregano yang lainnya adalah untuk membantu Anda dalam program menurunkan berat badan.
Kandungan carvacrol dan timol dapat mencegah penimbunan jaringan lemak di tubuh, namun penelitian tentang ini masih dibutuhkan secara uji klinis.
  1. Pereda Nyeri

Manfaat oregano oil yang selanjutnya adalah sebagai pereda nyeri. Minyak oregano juga digunakan sebagai minyak untuk pijat dan mengatasi nyeri otot, namun penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk pembuktian ini.
  1. Mengatasi Infeksi Ragi atau Yeast Infection

Infeksi ragi disebabkan oleh jamur Candida yang umumnya menyebabkan masalah usus, sariawan, dan infeksi jamur vagina.
Berdasarkan penelitian, kandungan carvacrol pada minyak oregano dapat mengatasi 5 jenis jamur Candida yang merupakan penyebab infeksi di mulut dan vagina, yang bahkan lebih efektif dari minyak esensial lain.
  1. Mengatasi Berbagai Kondisi Kulit

Manfaat oregano oil selanjutnya adalah untuk mengatasi berbagai kondisi kulit seperti jerawat, ruam, kulit kemerahan, bentol-bentol, dan bengkak. Kandungan antibakteri alami pada daun oregano efektif untuk mengatasi kondisi kulit tersebut, serta mempercepat proses penyembuhan.
Cara menggunakan minyak oregano oil adalah dengan mencampurkan 2-3 tetes minyak essential oil dengan air secukupnya, lalu oleskan cairan minyak oregano ke jerawat atau kulit yang bermasalah dengan kapas.
  1. Mengatasi Cedera

Minyak oregano juga digunakan untuk mengatasi nyeri otot, pegal-pegal, dan masalah cedera. Minyak oregano memiliki efek yang menenangkan dan hangat sehingga sangat cocok digunakan sebagai minyak pijat.
  1. Mengatasi Penuaan Dini

Seperti yang sudah disebutkan, oregano mengandung nilai antioksidan tinggi yang berkhasiat sebagai agen anti penuaan dini. Kandungan ini juga digunakan untuk mencerahkan wajah dan perawatan kulit alami.
  1. Perawatan Kecantikan

Beberapa orang menggunakan oregano oil sebagai perawatan kulit dan kecantikan secara alami seperti untuk mengatasi selulit, psoriasis, jamur kuku, dan ketombe. Minyak oregano oil juga digunakan pada perawatan spa di salon yang dikombinasikan dengan minyak esensial lainnya.
Manfaat oregano oil lainnya adalah untuk terapi menghilangkan stres, relaksasi, serta aromaterapi karena minyak oregano memiliki efek menghangatkan dan menenangkan. Walaupun begitu, masih dibutuhkan banyak penelitian untuk membuktikan berbagai manfaat oregano tersebut.


Sumber:
  1. Link,Rachael  MS, RD. 2017. 6 Science-Based Health Benefits of Oregano. https://www.healthline.com/nutrition/6-oregano-benefits. (Diakses pada 25 Oktober 2019).
  2. Nordqvist, Joseph. 2017. What are the health benefits of oregano?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/266259.php. (Diakses pada 25 Oktober 2019).
  3. Johnson, Jon. 2017. What are the benefits of oregano oil?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324203.php. (Diakses pada 25 Oktober 2019).
  4. Staughton, John (BASc, BFA). 2019. 7 Proven Oregano Benefits. https://www.organicfacts.net/health-benefits/oregano.html. (Diakses pada 25 Oktober 2019).
  5. Rowles, Alexandra, RD. 2017. 9 Benefits and Uses of Oregano Oil. https://www.healthline.com/nutrition/9-oregano-oil-benefits-and-uses. (Diakses pada 25 Oktober 2019).
  6. Saba. 2019. 29 Best Benefits Of Oregano Oil For Skin, Hair, And Health. https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-oregano-oil-for-skin-hair-and-health/#gref. (Diakses pada 25 Oktober 2019).

20 Manfaat Oregano untuk Kesehatan dan Kandungan Nutrisinya!

Newsral.com
Oregano adalah tanaman herbal yang dimanfaatkan dalam bidang kuliner sebagai garnish atau taburan makanan seperti pizza, pasta, kentang goreng, dll. Selain untuk mempercantik dan menambah rasa makanan, oregano juga memiliki manfaat kesehatan, lho. Ketahui apa saja manfaat oregano, kandungan nutrisinya, dll.

Kandungan Nutrisi Oregano

Oregano adalah tanaman herbal dari kelas Lamiaceae family atau masih satu keluarga dengan daun mint yang tumbuh di daerah Mediterania. Daun oregano digunakan dalam bidang kuliner untuk menambah rasa, aroma, dan tampilan makanan.
Oregano juga diolah menjadi minyak esensial karena memiliki aroma hangat dan kandungan alami untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan. Apa saja kandungan alami tersebut? Berikut ini adalah kandungan nutrisi oregano, yaitu:
  • Energi 5 kalori
  • 0,8 gram serat 
  • 0,029 gram kalsium 
  • 0,00066 gram zat besi
  • 5 gram magnesium 
  • 0,023 gram potasium 
  • 0,33 miligram vitamin E 
  • 0,09 miligram mangan 
  • 11.2 mikrogram vitamin K
Oregano juga memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi untuk melawan radikal bebas. Kandungan nutrisi oregano tersebut membawa banyak manfaat untuk kesehatan.

Manfaat Oregano untuk Kesehatan 

Oregano umumnya diolah dalam bentuk daun kering, namun Anda juga dapat mengkonsumsinya dalam bentuk daun segar. Oregano memiliki rasa yang agak sedikit pahit namun memiliki aroma harum dan memberikan efek menghangatkan.
Nah, Anda mungkin sering memakan taburan daun oregano kering di berbagai masakan, namun ternyata oregano bukan hanya sekadar pelengkap makanan. Terdapat beberapa manfaat oregano untuk kesehatan yang akan dibahas dalam penjelasan berikut ini:
  1. Mencegah Kanker

Berdasarkan jurnal penelitian yang terbit pada tahun 2013 oleh PLoS ONE, oregano memiliki agen antikanker untuk mencegah kanker payudara dengan memperlambat atau mencegah perkembangan sel-sel kanker tersebut.
Daun oregano juga mengandung sumber antioksidan untuk melawan radikal bebas yang merupakan penyebab kanker.
  1. Mencegah Diabetes

Bahan-bahan herbal di makanan seperti daun oregano, daun rosemary, dan marjoram memiliki kandungan yang sama dengan obat-obatan yang diresepkan untuk mengatasi diabetes tipe 2.
Menurut peneliti makanan pada tahun 2014, kandungan tersebut mungkin potensial untuk mencegah diabetes tipe 2, walaupun uji klinis masih terus dibutuhkan untuk pembuktian ini.
  1. Mengatasi Osteoporosis

Oregano mengandung bahan aktif yaitu beta-caryophyllin (E-BCP) yang berpotensi untuk membantu mengatasi gejala osteoporosis. osteoporosis adalah gangguan tulang dimana tulang menjadi rapuh karena kepadatannya menurun.
  1. Agen Antibakteri

Manfaat oregano selanjutnya adalah oregano berperan sebagai antibakteri karena oregano mengandung carvacrol alami.
Kandungan ini sangat efektif untuk melawan bakteri patogen pada makanan yaitu Listeria monocytogenes. Bakteri Listeria monocytogenes adalah bakteri yang menyebabkan keracunan makanan atau infeksi listeriosis.
  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sebuah penelitian dari Universitas Milan yang diterbitkan oleh Jurnal Biokimia Makanan mengungkapkan bahwa daun oregano mengandung asam rosmarinat dan timol yang kemudian dikaitkan dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda.
  1. Melancarkan Pencernaan

Manfaat daun oregano yang selanjutnya adalah untuk melancarkan pencernaan. Daun oregano mengandung serat yang berfungsi untuk normalisasi pergerakan usus agar pencernaan Anda lancar dan nutrisi yang masuk terserap sempurna.
  1. Meningkatkan Kesehatan Ginjal

Daun oregano memiliki kandungan asam lemak omega-3. Menurut penelitian di Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2016 mengungkapkan bahwa kandungan tersebut pada daun oregano dapat meningkatkan kesehatan jantung, menyeimbangkan level kolesterol, dan mengurangi peradangan pada sistem kardiovaskular.
  1. Mengurangi Efek Peradangan

Manfaat daun oregano yang selanjutnya adalah untuk mengurangi peradangan. Daun oregano mengandung antioksidan yang membantu untuk mengatasi peradangan.
Daun oregano juga mengandung sumber carvacrol yang merupakan agen antiinflamasi dan antibakteri. Menurut penelitian yang dilakukan pada tikus, kandungan carvacrol dapat mengurangi pembengkakan pada kaki tikus hingga 57% efektivitas, namun penelitian ini belum teruji klinis untuk peradangan pada manusia.
  1. Mencegah Infeksi Virus

Selain berperan sebagai antibakteri, manfaat oregano juga berfungsi untuk mencegah infeksi yang disebabkan oleh virus.
Daun oregano mengandung carvacrol dan timol yang kemudian dikaitkan sebagai agen antivirus untuk mencegah infeksi dari virus-virus penyebab diare, sakit perut, mual dan muntah.
  1. Pengobatan Tradisional

Manfaat oregano yang selanjutnya adalah sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit. Menurut The Natural Medicines Comprehensive Database, daun oregano dapat membantu mengatasi:
  • Sakit tenggorokan
  • Mual
  • Hidung tersumbat
  • Pilek
  • Nyeri Otot
  • Nyeri sendi
  • Bronkitis
Manfaat oregano tersebut mungkin sangat menjanjikan, namun penelitian tambahan tetap diperlukan untuk membuktikan manfaat daun oregano ini.

Manfaat Oregano Oil

Oregano juga dimanfaatkan menjadi minyak esensial yang berguna untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan dan terapi. Berikut ini adalah manfaat oregano oil, yaitu:
  1. Sumber Antioksidan

Kandungan carvacrol dan timol pada oregano merupakan sumber antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan dibutuhkan untuk melawan radikal bebas dan stres oksidatif yang menyebabkan berbagai penyakit serius seperti kanker, jantung, dan kesehatan kulit.
  1. Menyembuhkan Luka

Manfaat oregano oil selanjutnya adalah untuk menyembuhkan luka luar di kulit akibat goresan atau sayatan kecil. Minyak oregano dapat menyembuhkan luka lebih cepat dan mencegah infeksi di kulit.
  1. Minyak Anti Serangga

Cara alami untuk mengusir serangga seperti kutu dan nyamuk adalah dengan mengaplikasikan minyak esensial oregano ke kulit secara merata.
Penelitian pada tahun 2017 mengungkapkan bahwa oregano oil mengandung carvacrol dan timol yang efektif sebagai anti serangga.
  1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat daun oregano yang lainnya adalah untuk membantu Anda dalam program menurunkan berat badan.
Kandungan carvacrol dan timol dapat mencegah penimbunan jaringan lemak di tubuh, namun penelitian tentang ini masih dibutuhkan secara uji klinis.
  1. Pereda Nyeri

Manfaat oregano oil yang selanjutnya adalah sebagai pereda nyeri. Minyak oregano juga digunakan sebagai minyak untuk pijat dan mengatasi nyeri otot, namun penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk pembuktian ini.
  1. Mengatasi Infeksi Ragi atau Yeast Infection

Infeksi ragi disebabkan oleh jamur Candida yang umumnya menyebabkan masalah usus, sariawan, dan infeksi jamur vagina.
Berdasarkan penelitian, kandungan carvacrol pada minyak oregano dapat mengatasi 5 jenis jamur Candida yang merupakan penyebab infeksi di mulut dan vagina, yang bahkan lebih efektif dari minyak esensial lain.
  1. Mengatasi Berbagai Kondisi Kulit

Manfaat oregano oil selanjutnya adalah untuk mengatasi berbagai kondisi kulit seperti jerawat, ruam, kulit kemerahan, bentol-bentol, dan bengkak. Kandungan antibakteri alami pada daun oregano efektif untuk mengatasi kondisi kulit tersebut, serta mempercepat proses penyembuhan.
Cara menggunakan minyak oregano oil adalah dengan mencampurkan 2-3 tetes minyak essential oil dengan air secukupnya, lalu oleskan cairan minyak oregano ke jerawat atau kulit yang bermasalah dengan kapas.
  1. Mengatasi Cedera

Minyak oregano juga digunakan untuk mengatasi nyeri otot, pegal-pegal, dan masalah cedera. Minyak oregano memiliki efek yang menenangkan dan hangat sehingga sangat cocok digunakan sebagai minyak pijat.
  1. Mengatasi Penuaan Dini

Seperti yang sudah disebutkan, oregano mengandung nilai antioksidan tinggi yang berkhasiat sebagai agen anti penuaan dini. Kandungan ini juga digunakan untuk mencerahkan wajah dan perawatan kulit alami.
  1. Perawatan Kecantikan

Beberapa orang menggunakan oregano oil sebagai perawatan kulit dan kecantikan secara alami seperti untuk mengatasi selulit, psoriasis, jamur kuku, dan ketombe. Minyak oregano oil juga digunakan pada perawatan spa di salon yang dikombinasikan dengan minyak esensial lainnya.
Manfaat oregano oil lainnya adalah untuk terapi menghilangkan stres, relaksasi, serta aromaterapi karena minyak oregano memiliki efek menghangatkan dan menenangkan. Walaupun begitu, masih dibutuhkan banyak penelitian untuk membuktikan berbagai manfaat oregano tersebut.


Sumber:
  1. Link,Rachael  MS, RD. 2017. 6 Science-Based Health Benefits of Oregano. https://www.healthline.com/nutrition/6-oregano-benefits. (Diakses pada 25 Oktober 2019).
  2. Nordqvist, Joseph. 2017. What are the health benefits of oregano?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/266259.php. (Diakses pada 25 Oktober 2019).
  3. Johnson, Jon. 2017. What are the benefits of oregano oil?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324203.php. (Diakses pada 25 Oktober 2019).
  4. Staughton, John (BASc, BFA). 2019. 7 Proven Oregano Benefits. https://www.organicfacts.net/health-benefits/oregano.html. (Diakses pada 25 Oktober 2019).
  5. Rowles, Alexandra, RD. 2017. 9 Benefits and Uses of Oregano Oil. https://www.healthline.com/nutrition/9-oregano-oil-benefits-and-uses. (Diakses pada 25 Oktober 2019).
  6. Saba. 2019. 29 Best Benefits Of Oregano Oil For Skin, Hair, And Health. https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-oregano-oil-for-skin-hair-and-health/#gref. (Diakses pada 25 Oktober 2019).

No comments