Tips Untuk Mengetahui Berita Hoax Atau Bukan


Fenomena fake news atau berita hoax sekarang telah merajalela di indonesia ini, apalagi di tahun depan atau yang lebih 2019 indonesia akan menghadapi pemilihan umum serta pemilihan presiden selain itu banyaknya orang indonesia yang sudah mempunyai smartphone yang tentunya sudah bisa mengakses internet menjadi salah satu faktor penyebab banyaknya orang menyebarkan berita hoax.

Kualitas pendidikan seseorang tidak menjadi jaminan sesorang menyebarkan berita hoax, buktinya banyak sekali sekarang orang yang berpendidikan terpengaruh oleh berita hoax. Entah apa tujuan mereka membuat berita hoax seperti itu yang jelas mereka telah merugikan banyak orang. 

Oh iya bagi bagi mereka yang menyebarkan berita hoax bisa dijerat menggunakan pasal 28 ayat 1 undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan tranksaksi elektronik (ITE). Hukumannya bukan kaleng-kaleng ini pelaku bisa dijerat sampai 6 tahun penjara serta denda milyar. Kebayang gak sih kalian cuma ikut nyebarin eh kena penjara sampe 6 tahun penjara di tambah denda 1 milyar lagi.

Lalu gimana sih cara mengetahui berita itu hoax atau bukan? ya jujur saya pernah juga menyebarkan berita hoax itu dulu pas masih baru mengenal teknologi. Nah ini sekedar tips dari saya berdasarkan pengamalan saya untuk mengetahui berita hoax atau bukan, semoga bermanfaat.

1. Biasanya url berita tersebut menggunakan domain gratis
Ya kebanyakan berita hoax menggunakan domain gratisan serta menggunakan blog gratisan (.blogspot.com, .wordpress.com). Tapi juga banyak mereka yang menggunakan domain tld biasanya sih tujuan mereka menyebarkan berita hoax itu untuk mencari keuntungan melalui iklan tapi ada juga tujuannya untuk mengadu domba.

2. Tidak ada sumber yang jelas
Pernah gak sih kalian menemukan postingan di facebook atau chat whatsapp tentang berita atau informasi yang kurang jelas sumbernya dari mana, nah itu juga kebanyakan cuma hoax.

3. Cuma gambar
Nah yang ini sering saya jumpai banyak orang yang menyebarkan gambar dan gambar itu di beri caption/ tulisan yang belum jelas benar atau tidaknya.

Saran dari saya sih jangan mudah langsung mempercayai bahkan ikut menyebarkan berita yang belum tentu akan kebenarannya serta sumber yang tidak jelas.

Post a Comment

0 Comments